Sunday 5 May 2013

Tanda-Tanda Stres Yang Tak Disadari


1.Pelupa
Menjadi pelupa, kurang percaya diri dan tidak mampu berkonsentrasi atau membuat keputusan adalah salah satu gejala stres. Lebih baik coba istirahat sejenak selama 10 menit atau minum secangkir teh herbal untuk menenangkan.

2. Sering menguap
Jika seseorang sering menguap padahal ia tidak merasa mengantuk dan disertai napas pendek, ada kemungkinan ia mengalami stres. Menguap yang dilakukan untuk mendapatkan oksigen yang lebih banyak.

3. Berkeringat
Kondisi lain yang muncul jika seseorang stres adalah produksi hormon kortisol (hormon stres) meningkat sehingga memicu keringat berlebih, terutama di daerah bawah lengan.


4. Mulut kering
Gejala yang sering tidak disadari adalah mulut terasa kering yang disebabkan oleh adanya penurunan aliran saliva atau air liur di dalam mulut. Kondisi ini bisa menyebabkan bau mulut atau halitosis dan masalah Gigi.

5. Sakit pada otot
Ketika stres, otot akan berkontraksi sehingga seluruh tubuh terasa tegang. Otot punggung sangat rentan terhadap hal ini sehingga kadang muncul nyeri punggung, leher, dan bahu.

6. Serangan ketombe
Stres berkepanjangan bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh hingga membuat kulit kepala terserang ketombe. Untuk mengatasinya coba keramas dengan campuran sedikit shampo bayi dan shampo biasa setiap minggu, lalu tambah beberapa tetes lavender dan bilas rambut dengan air hangat.

7. Kaki gelisah
Kondisi stres dapat menyebabkan ketidakseimbangan senyawa kimia di dalam tubuh yang membuat otot kaki bergerak-gerak atau tidak bisa diam yang menandakan kaki gelisah.

8. Hidung tersumbat atau ada ingus
Kekebalan tubuh yang menurun saat stres juga membuat orang lebih rentan terhadap penyakit pilek dan flu. Jika sudah pilek dan flu, hidungnya akan terasa tersumbat atau justru ada yang meler. Untuk mengatasinya bisa dengan olahraga aerobik setidaknya durasi setengah jam, selama tiga kali seminggu. Tujuannya membuat aliran keringat bebas keluar dan dan membantu bernapas lebih baik.

9. Berat badan bertambah
Hormon stres kortisol membantu timbunan lemak berkumpul di bagian tengah tubuh sehingga membuat berat badan jadi meningkat, serta pada beberapa orang ada yang mengalihkan rasa stresnya pada makanan sehingga memicu kenaikan berat badan.

10. Leher tegang dan sakit kepala
Stres memicu tekanan yang bisa membuat otot leher jadi tegang dan menyebabkan kekakuan hingga rasa sakit kepala. Untuk mengatasinya, lakukan pijatan lembut lembut dan mandi air hangat serta meneteskan minyak lavender atau chamomile. Minyak chamomile adalah minyak yang terbuat dari 100% bahan alami/ekstrak bunga chamomile

No comments :

Post a Comment